0
anatomi pembuluh - pembuluh pada tubuh manusia - Hallo sahabat PINTAR ALAMI KESEHATAN, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul anatomi pembuluh - pembuluh pada tubuh manusia, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Info, Artikel medical, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : anatomi pembuluh - pembuluh pada tubuh manusia
link : anatomi pembuluh - pembuluh pada tubuh manusia

Baca juga


anatomi pembuluh - pembuluh pada tubuh manusia

Pembuluh – pembuluh darah kepala dan leher


Nadi bawah selangka dan nadi karotis bersama dipercabangkan di bagian sebelah kanan tubuh dari batang brakiosefal (di sebelah kiri kedua nadi tersebut dipercabangkan berpisah dari lengkung aorta). Naadi bawah selangka berjalan di bawah tulang selangka ke jurusan daerah ketiak, sedangkan nadi karotis bersama melalui leher di samping tenggorok dan kerongkongan ke jurusan atas seraya bercabang setinggi tulang lidah menjadi nadi karotis dalam dan nadi karotis luar.

Nadi karotis dalam menembus dasar tegkorak dan memberikan makanan kepada otak dan kepada mata. Nadi karotis luar segera bercabang menjadi beberapa cabang, antara lain nadi gondok atas yang mengantar darah kepada kelenjar gondok dan kepada pangkal tenggorok, nadi wajah yang membelok melalui pinggir rahang bawah untuk memberi darah kepada bagian – bagian sebelah depa wajah (rahang atas dan bawah, bibir atas dan bawah, hidung), nadi rahang atas mengalirkan darah ke bagian – bagian dalam wahah, nadi pelipis dangkal dan nadi belakang kepala mendarahi dinding  tengkorak.

Darah otak kemudian berhimpun dalam pembuluh balik yugular dalam yang menuju ke bawah melalui leher. Secara langsung atau secara tak langsung pembuluh ini menerima pula darah dari bagian – bagian dangkal tengkorak, wajah dan leher, (pembuluh balik wajah, pembuluh balik belakang rahang bawah, pembuluh balik yugular depan); darah yang sebagian lagi mengalir ke dalam pembuluh balik yugular luar ke jurusan pembuluh balik bawah selangka yang kemudian bersatu dengan pembuluh balik yugular dalam sehingga terbentuk pembulih balik brakiosefal. Kedua pembuluh balik brakiosefal (kanan dan kiri) bersatu membentuk batang pembuluh balik atas.

Pembuluh – pembuluh darah lengan dan tangan

Nadi bawah selangka melanjutkan perjalanannya  sebagai nadi ketiak yang berjalan dalam melalui rongga ketiak, sambil melepaskan cabang- cabang ke jurusan daerah bahu dan daerah ketiak.lanjutan nadi ketiak bernama nadi lengan atas, terletak dalam sebuah alur di sebelah depan dan di sebelah dalam lengan atas, kemudian melaluui sendi siku di sebelah depan dan bercabang menjadi dua buah cabang.

1)      Nadi radial yang berjalan ke bawah di sebelah depan tulang pengumpil, pada pergelangan tangan membelok ke arah punggung tangan dengan melintasi pinggir luar tulang pengumpil, lalu berjalan antara tulang – tulang tengah tangan ibu  jari dan jari telunjuk ke jurusan telapak tangan.

2)      Nadi ulnar yang jalan pada pinggir dalam tulang hasta sampai ke daerah telapak tangan. Di sini kedua nadi tersebut berhhubungan membentuk lengkung palmar dangkal dan dalam yang melepaskan cabang – cabang berupa nadi – nadi jari – jari. Nadi – nadi ini berjalan ke ujung jari – jari antara tulang –tulang tengah tangan.  Tiap nadi jari bercabang dua untuk mendarahi pingir –pinggir berhadapan pada dua buah jari yang berdekatan. Darah tangan dan lengan yang mengalir kembali berhimpun dalam beberapa pembuluh balik dangkal dan dalam yang kemudian bersatu membentuk pembuluh balik yang berturut – turut bernama pembuluh balik lengan atas, pembuluh balik ketiak dan pembuluh balik bawah selangka.

Pembuluh – pembuluh balik tungkai  dan kaki

Nadi tulang usus yang keluar dari dalam rongga perut melanjutkan perjalannya sebagai nadi paha di bawah ikat lipat paha ke jurusan bidang depan tulang paha. kemudian dia berjalan  melalui sebuah terusan antara otot - otot di bidang dalam tulang paha untuk membelok ke jurusan bidang belakang tulang paha, melintasi sendi  lutut dengan melalui lekuk lutut dan di bawah sendi lutut bercabang dua:

1)      Nadi tulang kering depan yang menembus selaput antar tulang dan berjalan antara otot – otot  yang terletak pada bidang depan tulang kering ke jurusan bawah untuk memberikan darah kepada punggung kaki,

2)      Nadi tulang kering belakang yang berjalan antara otot – otot kentul yang terletak di bagian belakang tungkai bawah dan melepaskansebuah cabang ke sisi luar yang bernama nadi sisi betis. Kemudian nadi tulang kering belakang membelok ke belakang mata kaki dalam untuk mencapai telapak kaki dan di sini bercabang – cabang.

Darah tungkai yang mengalir kembali berhimpun dalam beberapa pembuluh balik dangkal dan dalam yang kemudian bermuara dalam pembuluh balik paha yang melanjutkan perjalanannya dibawah ikat lipat paha sebagai pembuluh balik tulang usus. 

Terimakasih sudah membaca , semoga bermanfaat.

Posting Komentar

 
Top