0
Info Organ Penafasan - Hallo sahabat PINTAR ALAMI KESEHATAN, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Info Organ Penafasan, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Info, Artikel medical, Artikel Obat, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Info Organ Penafasan
link : Info Organ Penafasan

Baca juga


Info Organ Penafasan

Organ –organ pernafasan

Bernafas merupakan proses  yang sangat penting bagi manusia. Pada proses ini terjadi pertukaran oksigen dan karbon dioksida antara tubuh dan lingkungan. Kamu tentunya telah mengetahui organ apa saja yang berpran dalam proses pernapasan.


1. Hidung
Hidung merupakan organ pernafasan yang letaknya paling luar . manusia menghirup udara melalui hidung. Pada permukaan rongga hidung terdapat rambut-rambut halus dan selaput lendir yang berfungsi menyarin udara yang masuk dari debu atau benda lain. Didalam rongga hidung terjadi penyesuaian suhu dan kelembapan udara yang masuk keparu-paru tidak terlalu kering ataupun lembab.

Udara bebas tidak hanya mengandung oksigen saja, namun juga gas-gas yang lain. Misalnya, karbon dioksida(CO2), belerang (S), dan nitrogen (N2). Gas-gas tersebut ikut terhirup, namun hanya oksigen saja yang dapat berikatan dengan darah. Selain sebagai organ pernapasan hidung juga merupakan indra pembau yang sangat sensitif. Dari rongga hidung , udara selanjutnya akan mengalir ke tenggorokan.

2. Tenggorokan
Tenggorokan merupakan suatu pipa yang dimulai dari pangkal tenggorokan (laring), batang tenggorokan (trakea), dan cabang batang tenggorokan bronkus.

a. Pangkal tenggorokan (laring)
Setelah melewati hidung, udara masuk menuju pangkal tenggorokan melalui faring. Udara selanjutnya menuju kebatang tenggorokan. Pada batang tenggorokan terdapat katub epiglotis. Katub ini bekerja dengan cara membuka jika bernafas dan berbicara dan menutup pada saat menelan makanan.  Pada laring , dibawah epiglotis terdapat pita suara ketika udara melewati pita suara, pita suara akan bergetar dan menghasilkan suara.hal ini terjadi saat kamu berbicara.

b. Batang tenggorokan
Batang tenggorokan tersusun dari cincin-cincin tulang rawan dan terletak didepan kerongkongan.batang tenggorokan memanjang dari leher ke rongga dada atas. Didalam rongga dada, batang tenggorokan inim bercabang , disetiap cabangnya masuk ke paru-paru bagian kanan dan kiri.

c. Cabang batang tenggorokan
Cabang ini merupakan cabang dari trakea. Bronkus terbagi menjadi dua, yaitu yang menuju paru-paru kanan dan menuju paru-paru kiri dan bercabang lagi menuju bronkiolus.  Masing-masing cabang berakhir pada gelembung paru-paru atau alveolus. Alveolus merupakan tempat terjadinya difusi oksigen kedalam darah.di alveolus terdapat banyak kapiler darah.

3. Paru-paru
Paru-paru terletak didalam rongga dada. Antara rongga dada dan rongga perut terdapat perbatasan yang disebut dengan diafragma yang berperan juga dalam proses pernafasan. Paru-paru terbagi menjadi paru kiri dan paru kanan. Paru-paru pada dasarnya merupakan cabang-cabang suatu saluran yang ujungnya bergelembung.pada alveolus inilah terjadi pertukaran gas. Paru-paru kanan terdiri dari 3 bagiansedangkan paru – paru kiri hanya 2 bagian.paru kanan lebih besar dari paru-paru.

Posting Komentar

 
Top