0
Pembuatan Obat yang Baik (CPOB) - Hallo sahabat PINTAR ALAMI KESEHATAN, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Pembuatan Obat yang Baik (CPOB), kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel medical, Artikel Obat, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Pembuatan Obat yang Baik (CPOB)
link : Pembuatan Obat yang Baik (CPOB)

Baca juga


Pembuatan Obat yang Baik (CPOB)

Cara pembuatan obat yang baik ( CPOB)

Sebagian dari kegiatan memastikan mutu yang bertujuan untuk menjamin agar setiap obat senantiasa dibuat untuk mencapai mutu yang sudah  ditetapkan sebelumnya.

•Alasan mengapa perlu CPOB

-Obat bukan komoditi biasa.
-Obat digunakan untuk menyelamatkan jiwa, memulihkan atau memelihara kesehatan seseorang.
-Obat tak hanya lulus pengujian tapi senantiasa berpegang pada konsep-konsep mutu obat harus ditanamkan kepada produk-produk.

•Mutu obat terantung pada

-Bahan awal
-Proses pembuatan
-Bangunan
-Perlengkapan yang dipakai
-Personallia

Personalia merupakan aspek yang terpenting dari CPOB meskipun telah tersedia peralatan yang canggih prosedur yang lengka tanpa didukung personil yang cakep, disiplin yang tinggi keyakinan akan mutu obat yang diproduksi maka semua usaha yang sudah dilakukan akan sia-sia.

Mutu obat adalah menjadi tanggung jawab semua pihak, seluruh karyawan, personil yang terlibat dalam seluruh rangkaian pembuatan obat.

Mutu obat dibentuk sejak awal proses pembuatan obat, mulai dari bahan awal, cara penyimpanan bahan baku, pengambilan sampel, peningbangan,proses pembuatan,pengawasa mutu selama proses sampai menjadi produk jadi.
Karena mutu obat sangat tergantung pada personil yang melaksanakan perlu adanya laihan yang memadai untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan dibidangnya.


Motifikasi yang tinggi akan tugasnya, kesadaran bahwa obat yang dibuat adlah untuk kesehatan manusia, kebanggaan diri pribadi akan peran sertanya dalam menjaga kesehatan umat manusia dapat menimbulkan tanggung jawab dan pasien yang menggunakan obat tersebut mengharapkan dapat segera  menyembuhkan sakitnya, meningkatkan derajat kesehatan bagi pasien dan masyarakat umum.

Untuk mencegah terjadinya kontaminasi terhadap obat yang dibuat perlu sarana dan peralatan yang mendukung dan sangat penting adalah kebersihan diri dari personil-personil yang bertugas.

Posting Komentar

 
Top